Rumah Wisnu : Safitri Ahmad
Menu Click to open Menus
TRENDING

Rumah Wisnu

(166 Views) Juni 28, 2022 1:33 pm | Published by | No comment

Ini bonus. Bab ini. Saya sudah memutuskan membahas empat karya Gunawan saja untuk buku ini. Tak dinyana, saat wawancara dengan Titi Soenanto, ia menyebutkan rumah Wisnu dengan taman atap (roof garden). Penasaran. Saya datangi rumah itu. Keren. So, saya putuskan untuk membahas karya itu juga.

Setelah diingat-ingat, rasanya saya pernah melihat foto rumah itu di komputer Gunawan, masih tahap pembangunan, awal-awal penulisan buku ini. Saat itu, Gunawan memperlihatkan semua hasil karyanya untuk saya pilih. Karena belum selesai, rumah itu saya abaikan. Rumah selesai, buku belum.

Jika memandang dari bawah ke atas, terlihat lapisan rumah : lantai 1, lantai 2, dan lantai 3. Lantai 3, garis bangunan maju ke depan kira-kira 1 meter, tidak segaris dengan lantai 1 dan lantai 2, sehingga pandangan pengamat (dari jalan) tertumpu pada lantai 3.

Pada lantai ke-2 dan ke-3, terdapat bidang dinding beton yang lebar dengan jendela membentuk garis seperti lima batang bambu, di antara ruasnya, terdapat sirkulasi udara, karena kaca dirancang overlap. Dua garis jendela berhadapan dan membentuk sudut tapi garisnya terputus tidak bertemu pada satu titik, hanya imajinasi pengamat yang dapat menyambung ke dua garis itu, hingga bertemu pada satu titik. Imajinasi pengamat juga yang akan membentuk dua garis yang berhadapan itu membentuk segitiga sama kaki, dengan membayangkan ada garis imajiner di bawahnya. Dari luar saya tidak dapat membayangkan ruang apa saja yang ada di balik bidang lebar dengan garis-garis seperti bambu tadi.

Pada lantai 2, di sisi kiri sisi kanan bangunan terdapat jendela di sudut bangunan. Sisi yang menghadap ke arah jalan (fasad depan) jendela membentuk garis miring, tidak kentara terlihat dari jalan, tapi yang menghadap ke samping (kiri/kanan) jendela lebih besar.

Berbeda dengan rumah Beji dan rumah Paseban yang pintu ruang tamu/area kegiatan penguna mengarah ke samping (tidak ke jalan), untuk rumah Wisnu, Gunawan menghadapkan pintu ruang tamu ke jalan yang berarti, jika ruang tamu dibuka maka ruangan itu akan mudah terlihat dari jalan, apalagi rumah tak berpagar, kenapa?

No comment for Rumah Wisnu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>