RTH : Jenis Tanaman dan Serapan Polusi : Safitri Ahmad
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » RTH » RTH : Jenis Tanaman dan Serapan Polusi

RTH : Jenis Tanaman dan Serapan Polusi

(859 Views) Juli 24, 2017 10:17 am | Published by | No comment



Lalu lintas kendaraan di perkotaan dan kawasan industri menghasilkan polusi dan kebisingan. Polusi udara yang berasal dari emisi kendaraan bermotor dan industri menghasilkan gas CO, CO2, NOx, Sox, O3, CH, partikel Pb dan TSP (debu).

Fungsi tanaman mengendalikan atau mengurangi polusi udara dan limbah, menyaring debu. Debu atau partikulat terdiri dari beberapa komponen zat pencemar. Dalam sebutir debu terdapat unsur-unsur seperti garam sulfat, sulfuroksida, timah hitam, asbestos, oksida besi, silika, jelaga dan unsur kimia lainnya.

Pohon dapat menyerap polusi udara.

 

 

 

 

 

Jenis tanaman apa saja yang mampu menyerap polusi?

1.Tanaman yang baik sebagai penyerap gas CO2 dan penghasil oksigen adalah : damar (Agathis alba), daun kupu-kupu (Bauhinia purpurea), lamtoro gung (Leucaena leucocephala), akasia (Acacia auriculiformis) dan beringin (Ficus benyamina). (sumber : Wulandari (1989)).

2.Penyerapan debu semen antara lain ; mahoni, bisbul, tanjung, kenari, meranti, kirai payung, kayu hitam, jamblang, medang lilin, dan sempur. (irawati dalam dahlan, 1992)

3.Tanaman yang mempunyai kemampuan tinggi dalam menyerap Pb antara lain ; Cassia siamea (johar), Pithecellobium dulce (asam landi), dan Swietenia macrophylla (mahoni) ((sumber : Jahja Fakuara et al.,(1987))

4.Daerah yang merupakan tempat penimbunan sampah sementara atau permanen mempunyai bau yang tidak sedap. Tanaman dapat digunakan untuk mengurangi bau. Tanaman dapat menyerap bau secara langsung, atau tanaman akan menahan gerakan angin yang bergerak dari sumber bau (Grey dan Deneke, 1978). Tanaman yang mengeluarkan bau harum yang dapat menetralisir bau busuk antara lain : cempaka (Michelia champaka) dan tanjung (Mimusops elengi) (Dahlan, 1992).

5.Penelitian (Sridjono, 2001) menunjukkan bahwa tumbuhan dapat mengakumulasi Pb pada daun dan kulit batang. Terbukti dari hasil penelitian itu, bahwa kandungan Pb lebih banyak pada tanaman di tepi jalan, dibandingkan dengan kandungan Pb pada tumbuhan sejenis, di lokasi yang jauh dari pinggir jalan.

6.Penyerapan partikel timbal oleh tanaman antara lain : damar, mahoni, jamuju, pala, asam landi, dan johar (mempunyai kemampuan tinggi menyerap parikel timbal). Glodogan, keben, tanjung (mempunyai kemampuan sedang menyerap partikel timbal). Bunga kupu-kupu dan kesumba (daya serapnya rendah).

7Penyerapan Karbon dioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O) seperti Damar, Kupu-kupu, Lamtoro Gung, Akasia, dan beringin.



No comment for RTH : Jenis Tanaman dan Serapan Polusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>