Jenis Tanaman Hias Rambat : Safitri Ahmad
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tanaman » Jenis Tanaman Hias Rambat » Jenis Tanaman Hias Rambat

Jenis Tanaman Hias Rambat

(953 Views) November 3, 2017 10:32 am | Published by | No comment



Tanaman hias rambat, merupakan jenis tanaman yang pertumbuhannya mengikuti tempat tumbuh. Ada tanaman yang menjalar di tanah (horizontal), tapi ada yang merambat di dinding, pagar, atau kolom pergola.

Tanaman pada atap pergola akan merambat melalui tali atau kolom pergola. Tanaman yang merambat pada dinding, harus ditanam pada beberapa tempat di bawah dinding agar pertumbuhannya merata menutupi dinding. Sedangkan tanaman rambat alas (ground cover) ditanam sesuai dengan area permukaan tanah yang akan dirancang ground cover.

Jenis tanaman rambat untuk pergola dan tanaman pagar

Ada beberapa tanaman rambat yang cocok digunakan untuk tanaman pergola, sedangkan tanaman rambat yang lain digunakan untuk tanaman pagar (merambat pada pagar).

Piper betle (sirih) dapat dijadikan tanaman pagar atau tanaman pergola.

sirih merah

Passiflora biflora (bunga merah) dapat dijadikan tanaman untuk pergola dan gazebo.

Monsoa hymenaea mempunyai bunga yang berkelompok dengan warna gradasi ungu, dapat dijadikan untuk tanaman pergola atau tanaman pagar.

Melati (jasminum grandiflorum) dapat dijadikan tanaman pagar. Bunga melati yang putih dan wangi menjadi daya tarik. Bunga melati tidak terlalu menarik jika digunakan sebagai tanaman pergola, karena ukuran bunga melati terlalu kecil.

Bunga terompet (Ipomoea mauritiana), dapat digunakan untuk tanaman pergola

Clerodendrum thomsoniae mempunyai bunga berwarna kuning, mudah tumbuh dan invasi, dapat dijadikan tanaman pagar atau tanaman pergola.

Air mata pengantin (antigonon leptopus), pertumbuhan air mata pengantin harus diatur, agar tidak menumpuk pada satu area, sebaiknya digunakan sebagai tanaman pagar.

Jenis tanaman rambat untuk alas (ground cover)

Sweet potato (Ipomoea batatas), merupakan tanaman invasi, sangat mudah tumbuh dan menyebar. Tumbuh baik pada area yang langsung terkena sinar matahari. Sweet potato mempunyai dua warna daun, yaitu daun berwarna hijau tua dan hijau muda (kekuning-kuningan). Warna daun yang kekuning-kuningan membuat suasana menjadi lebih terang.

Sirih gading (Epipremnum aureum) tumbuh sempurna di bawah naungan. Sirih gading dapat ditanam pada area di bawah pohon atau di bawah bayangan bangunan.

Seruni rambat (Wedelia trilobata) mempunyai bunga kuning yang cerah. Tanaman ini mudah tumbuh di bawah sinar matahari langsung.

Jenis tanaman rambat untuk dinding

Ficus pumila (daun dolar)

. Tanaman ini dapat merambat dinding sampai rata. Tidak disarankan tanaman ini dirancang pada area (dinding yang tidak rata), karena ada bagian tanaman yang tidak menempel pada area dinding dengan sempurna.

No comment for Jenis Tanaman Hias Rambat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>