Seri Pagar : Fungsi Pagar Pada Rumah (1) : Safitri Ahmad
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Hard Material » pagar » Fungsi Pagar Pada Rumah » Seri Pagar : Fungsi Pagar Pada Rumah (1)

Seri Pagar : Fungsi Pagar Pada Rumah (1)

(766 Views) Februari 26, 2017 1:26 pm | Published by | No comment



Pagar digunakan untuk membatasi area properti. Pembatasan ini dilakukan untuk menjelaskan area milik umum dan area milik pribadi. Selain itu, pagar berguna untuk keamanan pemilik rumah.

Di daerah perkotaan, rancangan pagar dirancang tinggi dan masif, sehingga, seolah-olah rumah terisolir dari lingkungan di sekitarnya. Hal ini dilakukan, karena di daerah perkotaan tingkat kriminalitas tinggi.

Sedangkan di pedesaaan, antara rumah yang satu dengan yang lain tidak ada pagar. Batas kepemilikan, dapat dilihat dari atap rumah paling ujung (tempat turun air hujan). Jika ada pagar antara halaman/tanah satu dengan yang lain, pagar dibuat dari bambu, kayu, atau tanaman singkong. Tidak tinggi, tidak rapat, dan ini menyebabkan rumah dan halaman menyatu dengan lingkungan di sekitarnya.

Bagaimana merancang pagar untuk rumah di dalam perumahan atau di lingkungan campur (mix use-pemukiman dan perumahan)? Pada beberapa area perumahan, antara unit rumah satu dengan yang lain tidak diizinkan pembangunan pagar, karena pihak pengembang sudah merancang pagar kompleks perumahan secara masif, ada CCTV, dan security, sehingga tiap unit tidak perlu membangun pagar. Batas antara unit satu dengan unit lain dapat ditentukan dari batas taman dan batas dinding rumah.

Rumah yang berada di lingkungan mix use (fungsi perumahan dan komersil) dan padat dapat menggunakan pagar yang tingginya tidak lebih dari 2 meter (Standar ketinggian pagar). Material pagar yang digunakan ; material tanaman dan material bukan tanaman (pagar kayu, pagar beton, pagar besi).

pagar besi

Material tanaman berupa tanaman teh-tehan (Duranta Dwarf Yellow), tanaman pucuk merah (Syzygium oleana), bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L), dan bugenvil (Bougainvillea x buttiana). Sedangkan material bukan tanaman ((hard material) dari tembok, besi, dan kayu. Pagar dari kayu jati sangat kuat dan lebih artistik, karenai serat-serat kayu yang terlihat jelas.

Kombinasi antara pagar tanaman dan bukan tanaman, misal pagar teh-tehan dan tembok atau pagar teh-tehan dan pagar besi. Pagar tanaman terletak di bagian depan, sedangkan pagar tembok atau pagar besi terletak di bagian belakang dan lebih tinggi.



No comment for Seri Pagar : Fungsi Pagar Pada Rumah (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>